MacBook Air M1: Karya baru dari Apple

Apple secara resmi meluncurkan Mac generasi pertama dengan chip M1 pada bulan November. Ini juga termasuk Macbook Air baru, yang kinerja dan masa pakai baterainya sangat mengesankan berkat chip baru. Dan baru-baru ini, penampilannya juga muncul di situs resmi Apple Indonesia.

Dengan chip M1, Apple menghadirkan chip komputer pertamanya dan mengirimkan tiga Mac sekaligus. Diantaranya adalah produk Macbook Air terlaris. Dan apa yang Apple janjikan dalam hal kinerja dan masa pakai baterai membuat jantung setiap pengguna Mac berdetak seperti genderang perang.
Apple menjanjikan kinerja Macbook Air M1 empat kali lebih baik

Apple telah melakukan banyak peningkatan terkait kinerja chip M1 baru di MacBook Air. Chip baru ini dikatakan menawarkan 3,5 kali CPU dan 5 kali kinerja grafis, serta 9 kali kecepatan pemrosesan proses yang membutuhkan pembelajaran mesin. Dengan informasi ini, ada baiknya melihat lebih dekat data yang disediakan oleh Apple. Kami tidak memiliki lebih banyak data saat ini karena tolok ukur untuk chip baru belum tersedia.

Apple menjanjikan kinerja CPU hingga 3,5x, dan itu cukup penting saat ini. Perbandingan dilakukan dengan Macbook Air generasi terakhir dengan CPU Intel i7 dan empat inti. Jadi hanya setengah dari inti prosesor M1 baru, peningkatan kinerja yang signifikan tampaknya hampir logis dalam konteks ini. Bergantung pada program yang digunakan dalam skenario pengujian Apple, peningkatan performa sangat bervariasi.

Apple melaporkan kinerja 2,3x di Adobe Lightroom dan 3,9x di Final Cut Pro. Namun, pengetahuan ini tidak mengubah fakta bahwa Anda mendapatkan notebook yang jauh lebih bertenaga dengan harga lebih murah. Mengganggu semua orang yang membeli Macbook Air baru di tahun 2020.

Menjadi menarik ketika M1 bersaing dalam tolok ukur melawan chip seluler dari pabrikan lain dengan jumlah inti yang sama. Sampai saat itu, kami hanya dapat berspekulasi tentang kinerja chip Apple yang sebenarnya.

Apple mengklaim chip M1 98 persen lebih cepat dari laptop PC mana pun yang dijual tahun lalu. Namun jangan harap data ini berasal dari MacBook Air baru, karena Apple menyatakan dalam catatan kaki bahwa perbandingan ini dibuat dengan MacBook Pro.

Berkat kinerja pendinginan yang lebih baik, chip M1 dapat digunakan lebih banyak untuk Macbook Air. Apple mencoba melakukannya tanpa kipas dan mengandalkan kinerja pendinginan pasif.

Sumber :