STPI Tutup Diklat Pemberdayaan Masyarakat Periode 3 Tahun 2019

STPI Tutup Diklat Pemberdayaan Masyarakat Periode 3 Tahun 2019

DPMKEMENHUB.ID - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Ir. Umiyatun Hayati Triastuti, M.Sc menutup kegiatan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Periode ke-3 pada tahun 2019, Minggu (31/3/2019).

DPM ini diikuti oleh 1034 peserta dari Kecamatan Cikedal dan Cikeusik (Kabupaten Pandeglang), Kecamatan Malingping (Kabupaten Lebak), Kecamatan Anyer, Kecamatan Baros (Kabupaten Serang) dan Kota Serang. Adapun pelatihan yang diberikan terdiri dari Diklat Teknik Las Lingkungan Bandar Udara sejumlah 580 orang, Teknik Instalasi Listrik Lingkungan Bandar Udara sejumlah 212 orang dan Teknik Perawatan AC Lingkungan Bandar Udara Sejumlah 242 Orang. 

Kepala BPSDMP di hadapan para tamu undangan yang terdiri dari pejabat Kementerian perhubungan, Direksi Angkasa Pura, Airnav Indonesia, Airline, perwakilan dari Provinsi Banten, pada sambutannya menyampaikam bahwa DPM sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional untuk membekali masyarakat dengan keterampilan serta memberikan modal untuk usaha sehingga masyarakat mampu ber-wirausaha secara professional dan bersaing di pasar global dikarenakan kompetensi mereka teruji dan bersertifikat. 

“Melalui Diklat Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Perhubungan khususnya Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia diharapkan dapat membantu masyarakat dalam pemenuhan lapangan pekerjaan dan salah satu upaya dari Negara untuk hadir di tengah tengah masyarakat berkontribusi langsung dalam peningkatan skill serta mendorong kemajuan ekonomi rakyat, sehingga tercipta ketahanan ekonomi dan kemandirian,” jelas Hayati mengenai DPM. 

Pada 2018 Kementerian Perhubungan telah menyelesaikan target 100.000 orang bersertifikat, pada tahun 2019 Kementerian Perhubungan mentargetkan 160.000 orang bersertifikat hadir di tengah masyarakat dalam rangka menerjemahkan perintah Presiden Republik Indonesia dalam pengentasan kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran. 

Ketua Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, Capt. Novyanto Widadi mengatakan bahwa “Diklat Pemberdayaan Masyarakat membantu masyarakat untuk memiliki skill, keahlian melalui diklat.

Hingga Maret 2019 STPI telah meluluskan 1502 orang. Mereka dibekali keterampilan dan modal kerja, hal ini merupakan manifestasi dari dedikasi keluarga besar Kementerian Perhubungan khususnya Civitas Akademika Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia untuk mendukung program pemerintah,” tutur Capt. Novy.

E-Library

Bersamaan dengan Penutupan DPM kali ini dilaksanakan pula acara peresmian E – library berupa 32 unit komputer yang merupakan bantuan dari PT Bank Mandiri Persero sebagai program CSR Bank Mandiri untuk STPI.

Penyerahan komputer ini dilakukan oleh Direksi Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Ibu Alexandra Askandar dan Regional CEO III Jakarta I Teuku Ali Usman kepada Ketua STPI Curug Capt Novyanto Widadi yang disaksikan oleh Sekretaris Jenderal Kemenhub Djoko Sasono yang sebelumnya telah dilaksanakan peninjauan E Library di Gedung Perpustakaan STPI oleh Kepala BPSDM Perhubungan, Sekretaris Jenderal, Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Regulasi dan Reformasi Birokrasi serta Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Logistik, Multimoda dan Keselamatan Perhubungan

Serah Terima 20 Penerbang

Selain peresmian E-library , pada kesempatan ini juga dilaksanakan penyerahan lulusan Penerbang STPI Curug yang telah dididik Type Rating B 737 dan A320 sebanyak 20 orang kepada Lion Group.

Program dari STPI untuk peningkatan kompetensi lulusan dan menaikkan daya serap lulusan , penyerahan dilaksanakan oleh Ketua STPI kepada Managing Director Lion Group, Capt Daniel Putut disaksikan oleh Dewan Pengawas STPI Curug M.Anto Julianto dan Ketua Ikatan Alumni Curug (IAC) Salahudin Rafi.

Program ini adalah upaya konkrit dari STPI untuk mendukung usaha pemerintah terkait. Melalui program ini, lulusan diharapkan link and match dengan kebutuhan industri terkini. 

STPI