STPI Selenggarakan DPM Revitalisasi SMK “Computer Networking” di Kota Serang

STPI Selenggarakan DPM Revitalisasi SMK “Computer Networking” di Kota Serang

DPMKEMENHUB.ID – Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug menyelenggarakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Type Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Serang, Banten.

Kegiatan dilaksanakan bekerja sama dengan Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Serang.

DPM kali ini dilaksanakan selama lima hari mulai Sabtu (26 Oktober) hingga Kamis (31 Oktober) di SMK Informatika Kota Serang.

Koordinator DPM STPI Riyanto Saputro dalam laporan pelaksanaan kegiatan menyampaikan, DPM Type Revitalisasi SMK kali ini diikuti oleh 100 peserta. Adapun materi yang akan diajarkan selama diklat adalah Computer Networking CCNA Routing and Switching: Introduction To Networks.

Wakil Ketua III STPI R.B Budi Kartika, S.Pd., S.Si.T., M.T. mewakili Ketua STPI Capt. Novyanto Widadi, S.AP, MM didaulat membuka kegiatan DPM. 

Turut hadir dalam acara ini adalah Direktur AMIK Serang Achmad Dedi Jubaedi dan Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STPI Budi Prasetyo.

Ketua STPI dalam sambutan yang dibacakan Budi Kartika menyatakan, DPM Tipe Revitalisasi SMK hadir dalam rangka melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia.

Pada tahun 2019 STPI Curug mendapat tugas untuk melaksanakan DPM dengan target 4.200 lulusan/sertifikat. 

STPI telah menyelesaikan pelatihan bagi 1.660 peserta pelatihan DPM Tipe Community Development di Propinsi Banten dan kepada 1.400 siswa/guru SMK Penerbangan mulai dari Propinsi Aceh sampai Propinsi Bali. 

“Pagi ini kita berada di SMK Informatika Kota Serang ini dalam rangka melaksanakan DPM Tipe Revitalisasi SMK untuk siswa-siswa kelas XII SMK di Wilayah Kota Serang dan Kota Cilegon. Target peserta dari DPM ini adalah 100 orang, namun sambutan sekolah sangat luar biasa, sehingga pelatihan ini diikuti oleh 117 peserta,” ujarnya.

STPI Curug memilih pelatihan “Computer Networking – CCNA Routing and Switching: Introduction to Networking”  untuk menambah kompetensi siswa kelas XII SMK di Kota Serang dan Cilegon. 

Harapan yang ingin dicapai, setelah lulus dari diklat ini para peserta memperoleh keterampilan/keahlian dan sertifikat untuk dapat digunakan melamar pekerjaan atau membuka usaha sendiri.

“STPI Curug dalam menjalankan pelatihan ini bekerja sama dengan AMIK sebagai salah satu Regional Academy CISCO di Propinsi Banten. Perlu kami sampaikan, bahwa pelatihan ini akan diakhiri dengan ujian sertifikasi internasional standar CISCO,” ujar Budi.

(STPI/*Admin)