STPI Didik Peserta DPM Menjadi Sosok Pekerja yang Tangguh

STPI Didik Peserta DPM Menjadi Sosok Pekerja yang Tangguh
stpi

BPSDMP KEMENHUB - Ketua STPI Capt. Novyanto Widadi, MM, M.AP menegaskan, pihaknya mendidik dan melatih peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) menjadi sosok pekerja yang baik, tangguh dan profesional serta berintegritas tinggi.

“Peserta DMP selama lima hari kerja diberikan berbagai meteri pelatihan dan kemampuan. Mulai pengetahuan bela negara, wawasan nusantara serta kemampuan teknis sesuai bidang yang ditekuni,” kata Capt. Novy menjawab BeritaTrans.com di kampus BP2IP Tangerang, Sabtu (11/8/2018).

Dia melanjutnya, pihaknya STPI komit mendidik dan menyiapkan lulusan yang siap bekerja. Tapi juga dibekali dengan pengetahuan dan pemahaman akan bela negara dan wawasan nusantara  yang bagus.

“Saat kembali ke masyarakat, mereka bisa bekerja dengan baik, profesional dan mempunyai integritas yang tinggi. Mereka juga bisa menjadi contoh dan teladan bagi warga sekitar,” jelas Capt. Novy lagi.

Menurutnya, tiga hari terakhir diklat DPM, mereka diberikan pelatihan dan kemampuan teknis yang memadahi, baik bidang pengelasan, listrik serta ACS.

Hasilkan Karya Nyata

“Buktinya, mereka sudah mampu menghasilkan karya nyata, seperti yang kini kita pamerkan ini,” sebut mantan Pati TNI AU itu.

Seperti diketahui, dari hasil kerasi peserta DKM di STPI, mampu menghasiljan berbagai karya meubel seperti meja kursi taman, rak sepatu serta ayunan anak-anak. “Semua ini hasil kerja para peserta DPM, mulai design, pembangunan sampai finishing dan dipamerkan hari ini,” papar Capt. Novy.

Di depan tamu-tamu VIP, seperti Menhub Budi Karya Sumadi dan Kepala BPSDMP Umiyatun Hayati Triastuti dan para kepala UPT di lingkungan BPSDMP, menyatakan hasil kerja mereka bisa diuji.

“Meja kursi ini dirancang cukup kuat dan bisa menakan beban berat. Bahkan, meja ini mampu dinaiki taruna. Jika belum harus diperbaiki lagi,” tukas dia berpromosi.

Target kami, tambah Capt. Novy, seluruh peserta DPM di STPI keluar mampu mandiri. Mereka bisa masuk dunia kerja, bahkan bisa merancang membangun usaha sendiri.

“jadi, kami tak ingin setengah-setengah membantu mereka. Mereka ikut DPM itu langsung ada hasilnya, bahkan menjadi bekal untuk meniti karier yang baik di masa mendatang,” tandas Capt. Novy.