STIP Bersama Bakamla Selenggarakan DPM di Pandeglang Banten

STIP Bersama Bakamla Selenggarakan DPM di Pandeglang Banten

DPMKEMENHUB.ID - Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta kembali melakukan kegiatan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM). Kali ini kegiatan dilaksanakan di daerah Pandeglang, Banten tepatnya di kawasan Panimbang.

Kegiatan DPM ini terlaksana berkat kerja sama antara STIP dengan Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (BAKAMLA).

Kegiatan DPM dilaksanakan pada 4 - 6 Juli 2018 dan dibuka oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STIP Jakarta, Pande Irianto Subandrio Siregar, MM.

Dari BAKAMLA hadir Direktur Badan Keamanan Laut RI (BAKAMLA) bidang Kerjasama, Dadek Rustandar, SH, MH. Hadir pula beberapa Muspida Pandeglang di antaranya Kasat Polairud Polres Pandeglang AKP Trisno Rianto serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Drs. H.T aufik Hidayat, M.Si

Peserta pada kegiatan ini berjumlah 97 orang terdiri dari 56 pria dan 41 wanita.

Dalam sambutannya Ketua STIP yang diwakili oleh Kapus P3M mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu wujud pengabdian STIP dalam melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi dengan turut serta pro aktif membantu pemerintah dalam perwujudan Sumber Daya Manusia (SDM) Maritim yang hebat dan handal menuju Indonesia Emas 2045.

Sementara Muspida Pandeglang dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Pemda Pandeglang menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada masyarakat Pandeglang untuk belajar dan mendapatkan pelatihan tentang keselamatan dalam melaut secara gratis.

"Khususnya bagi para pemuda yang saat ini telah hadir di acara ini dan kami berharap agar kerja sama semacam ini dapat terus berlanjut kedepannya dan terjalin semakin baik," ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Direktur Kerjasama BAKAMLA dalam sambutannya mengatakan, k
egiatan pelatihan ini sangat penting bagi seluruh warga nelayan Pandeglang, khususnya yang mencari nafkahnya dilaut. Dengan pelatihan ini diharapkan agar para nelayan mendapat pengetahuan tambahan tentang keselamatan di laut.