Poltrans SDP Palembang Selenggarakan DPM di Kupang Nusa Tenggara Timur

Poltrans SDP Palembang Selenggarakan DPM di Kupang Nusa Tenggara Timur

DPMKEMENHUB.ID - Politeknik Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Poltrans SDP) Palembang bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Timur serta Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) NTT melaksanakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) kepada 175  orang warga masyarakat Kota Kupang dan sekitarnya .

DPM Poltrans SDP Palembang Tahun 2018 ini merupakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat yang diberikan langsung secara gratis oleh Kementerian Perhubungan R.I kepada masyarakat melalui Poltrans SDP Palembang.

Setelah pelaksanaan diklat diharapkan masyarakat Kota Kupang dan sekitarnya memahami tentang peraturan dan materi di bidang Perairan Daratan sehingga dapat diaplikasikan dalam mengemudikan angkutan perairan daratan yang aman, nyaman, dan selamat.

Acara berlangsung selama lima hari mulai 27 November 2018 hingga 1 Desember 2018 di Kota Kupang dan dihadiri oleh Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Timur, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Kupang, dan Balai Pengelola Transportasi Darat NTT

Isyak Nuka, ST, MM selaku Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTT dalam sambutannya menyambut baik kegiatan DPM di Kota Kupang. Ia mengatakan, sesuai dengan karakteristik wilayah yang merupakan daerah kepulauan kegiatan DPM ini sangat diperlukan dalam dunia transportasi di Provinsii NTT.

Ia juga mengharapkan agar DPM bisa dilaksanakan secara rutin dan dilaksanakan hingga ke kabupaten/kota lain di Provinsi NTT

Tenaga pengajar DPM Poltrans SDP Palembang 2018 berasal dari Dosen/Instruktur BPPTD Palembang yang memiliki kompetensi di bidang kepelautan dan LLASDP serta pengetahuan dan pengalaman di dalam dunia pelayaran.

Adapun materi diklat di antaranya Peraturan Pelayaran, Karakteristik Kapal Perairan Daratan, Etika dan Kode Etik Profesi, Pemeliharaan dan Perbaikan Kapal ASD, Keselamatan Pelayaran, Teknik Pemuatan Kapal, Perambuan, dan SBNP. 

Para peserta DPM ini tidak hanya dibekali materi pelatihan, namun juga dibekali praktik dalam mengemudi angkutan perairan daratan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di bidang pelayaran.