PKTJ Tegal Buka DPM Kerja Sama dengan Pemda DKI Jakarta

PKTJ Tegal Buka DPM Kerja Sama dengan Pemda DKI Jakarta

DPMKEMENHUB.ID - Pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) berdasarkan instruksi Presiden No. 9 tahun 2006 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia. Tepat pukul 08.00 WIB DPM dibuka bertempat di Lapangan Utama Garuda PKTJ Tegal. 

Diklat yang diselenggarakan adalah Sertifikasi Pengemudi Angkutan Umum DKI Jakarta Angkatan 11, 12, dan 13, Diklat Pengemudi Angkatan 39, 40, dan 41, Diklat Teknisi AC Kendaraan Bermotor Angkatan 20 & 21, Diklat Spooring dan Balancing Angkatan 16, serta Diklat Pengelasan Dasar Angkatan 21, 22, dan 23. 

Untuk Sertifikasi Pengemudi Angkutan Umum DKI Jakarta merupakan kerja sama antara Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal dengan Pemerintah DKI Jakarta. Untuk Diklat Pengemudi peserta akan mendapatkan materi tentang teori Dasar Mengemudi, Safety Driving, Defense Driving serta Praktek Mengemudi. 

Untuk Diklat Teknisi AC peserta diklat akan mendapatkan materi tentang Pemeliharaan Komponen AC, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Perbaikan ringan dan pada rangkaian sistem kelistrikan, Pemeliharaan dan Perbaikan Sistem AC. 

Sedangkan Diklat Pengelasan Dasar Konsep peserta akan mendapatkan materi dasar pengelasan, K3, Teknik Kerja Bangku, Teknologi Las Busur listrik, Teknologi Las Oxy Acetelyn, Pemeriksaan hasil Las.

Sementara untuk Diklat Spooring dan Balancing, peserta diklat akan mendapatkan materi tentang Sistem Suspensi, Sistem Kemudi dan Roda serta Praktek Spooring dan Balancing.

"Saya sangat berharap dengan adanya pelatihan melalui diklat ini, masyarakat Tegal dan sekitarnya akan mendapatkan keterampilan yang memadai sehingga dapat dimanfaatkan untuk bekerja pada sektor industri maupun jasa yang berkembang pesat," kata Wakil Direktur I PKTJ Edi Purwanto.