PIP Semarang dan KSOP Kumai Kalimantan Tengah Selenggarakan DPM BST Kapal Layar Motor

PIP Semarang dan KSOP Kumai Kalimantan Tengah Selenggarakan DPM BST Kapal Layar Motor

DPMKEMENHUB.ID - Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang bekerja sama dengan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kumai, Kalimantan Tengah menyelenggarakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Basic Safety Training (BST) pada Kapal Layar Motor (KLM) untuk masyarakat wilayah Kalimantan Tengah. 

Kegiatan dilaksanakan pada Jumat-Minggu (26-28 Oktober 2018) di Kantor KSOP Kelas IV Kumai.

Diklat dibuka oleh Direktur PIP Semarang H. Irwan, S.H., M.Pd., M.Mar.E., ditandai dengan pernyataan pembukaan diklat dan penyematan tanda peserta kepada perwakilan yang ditunjuk. 

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penandatangan MoU antara PIP Semarang dengan KSOP Kelas IV Kumai dan SMK Negeri 3 Kumai. Penandatanganan dilaksanakan oleh Direktur PIP Semarang, Kepala KSOP Kelas IV Kumai Capt. Wahyu Prihanto, S.SiT, M. MTr, M. Mar., dan Kepala SMK N 3 Kumai Jainuri, S.Pd serta disaksikan oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat Suyanto, SH., MH.

Dalam sambutannya Direktur PIP Semarang menyatakan, pelaksanaan diklat ini adalah untuk meningkatkan kualitas para pekerja di kapal dan untuk memenuhi persyaratan berlayar sesuai Inpres 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah kejuruan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia serta Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 63 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pemberian Bantuan Pendidikan dan Pelatihan serta Beasiswa di Bidang Transportasi.

Kepala Subbagian Administrasi Akademik PIP Semarang Andri Yulianto, M.T. dalam laporan penyelenggaraan diklat menyatakan, DPM BST KLM bagi masyarakat Provinsi Kalimantan Tengah angkatan pertama ini dilaksanakan selama tiga hari. 

Adapun jumlah peserta sebanyak 300 orang, berasal dari berbagai kota dan kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah. Di antaranya adalah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Sukamara, dan Kabupaten Kuala Pembuang. 

Peserta juga ada yang berasal dari Instansi KSOP Kumai, KSOP Pangkalan Bun, Dinas Perhubungan Kotawaringin Barat, serta dari para nelayan dan para pekerja di kapal.

Materi Diklat BST KLM yang disampaikan di antaranya adalah Dasar–dasar Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan, Pencegahan dan Pemadaman Kebakaran, Teknik Pertahanan Diri, Keselamatan Diri, dan Tanggung Jawab Sosial.

Turut menghadiri kegiatan ini adalah Komandan Airud Polda Kalteng Brigpol Tandri, Danramil Kumai Zubaidi, Kasatpolair Polres Kobar Helbert, GM Pelindo III Kumai Terminal Bumiharjo, Capt. Marolop Alfred E.T., Kapolsek Kumai Aris P. Wibowo, Kapos Yan Kawasan Pelabuhan Kumai Ipda Sumarno, Majekur, Kabid Pengembangan dan Keselamatan Dishub Kobar Eddy Kusnandar, S.Sos,M.AP., dan dan Wakil Ketua INSA Kumai.