Penyelenggaraan DPM untuk Revitaslisasi SMK Resmi di Buka di Kampus BP3 Jayapura

Penyelenggaraan DPM untuk Revitaslisasi SMK Resmi di Buka di Kampus BP3 Jayapura

DPMKEMENHUB.ID - Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Kampus Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (BP3) Jayapura, telah resmi dibuka Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Tahun 2019 pada Senin (11/2/2019).

DPM diikuti oleh 150 peserta untuk wilayah Papua bekerjasama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten dan Kota Jayapura

Selaras dengan Program Nawacita dari Presiden Republik Indonesia, memasuki tahun ke-3 BP3 Jayapura kembali menerima amanah untuk mencetak sumber daya manusia siap pakai dengan berbagai macam kompetensi melalui program DPM. 

Sebagai upaya revitalisasi SMK yang diamanatkan dalam Instruksi Presiden No. 9 Tahun 2016. Keempat poin tersebut melingkupi revitalisasi kurikulum, pendidik & tenaga kependidikan, kerja sama, dan lulusan.

Oleh karena itu sebagai salah satu upaya pelaksanaan revitalisasi tersebut BP3 Jayapura melakukan revitaliasi untuk SMK di bidang kerja sama dan tenaga pendidikan. 

Dengan memberikan materi Diklat Human Factor, Keselamatan dan  Kesehatan Kerja yang nantinya akan dilalukan knowledge transferdari Insruktur BP3 Jayapura kepada pasa Guru yang menjadi siswa DPM tersebut. Dengan pola ini diharapkan para guru ke depannya dapat mengajarkan kepada para murid-muridnya terkait materi yang telah diberikan. 

Disamping itu, keterbaruan kurikulum pun dilaksanakan dalam upaya yang menyasar pada kompetensi guru yang semakin berkembang. 

Upacara Pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat ini dihadiri oleh  Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Jayapura, yakni Bapak Sukarwoto, S.SiT.,ST.,MM, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Kepala Bidang Pembinaan SMK, Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Kepala SMKN 3 Kota Jayapura,  Kepala SMKN 5 Kota Jayapura,  Kepala SMK N 7 Kota Jayapura, Kepala SMKN 1 Kabupaten Kerom, Kepala SMKN 1 Sentani, Kabupaten Jayapura, Kepala SMKN 4 Yapsi, Kabupaten Jayapura,  Kepala SMKN 5 Penerbangan Waibu, Kabupaten Jayapura. 

DPM resmi dibuka oleh Kepala BP3 Jayapura Sukarwoto, S.SiT., ST., MM didampingi oleh jajaran pejabat di Kampus BP3 Jayapura.  

Dalam Sambutannya, Kepala BP3 Jayapura mengucapkan selamat kepada seluruh peserta diklat pemberdayaan masyarakat yang telah berkesempatan mengikuti program ini. Melalui Kampus BP3 Jayapura ini, seluruh peserta diharapkan mampu mengembangkan diri sekaligus meningkatkan kualitas diri masing-masing peserta yang kemudian akan menjadi nilai tambah di dunia kerja sekaligus upaya mendukung revitalisasi SMK. 

Menurut Kepala Sekolah SMKN 3 Jayapura, Zeth Golgotus Victor F, M.Pd, ia sangat mengapresiasi kerja sama pelaksanaan DPM. Pasalnya, dengan adanya diklat ini, akan menambah kompetensi guru maupun siswa, sehingga besar kemungkinan akan terjadi kolaborasi yang sejalan yang dapat diterapkan disekolah. 

"Kami sangat berterimakasih atas kerjasama ini kepada BP3 Jayapura, karena diklat semacam ini belum pernah kami terima sebelumnya," ujarnya 

Adapun pendidikan dan pelatihan yang akan diterima oleh seluruh peserta diklat meliputi diklat Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Safety Management System dan Human Factor yang kemudian akan dilaksanakan selama lima hari kalender untuk masing-masing diklat. 

Dengan adanya kerja sama ini BP3 Jayapura berharap kepada para peserta diklat untuk dapat menyerap dan menerapkan apa yang aka didapatkan selama mengikuti pendidikan dan pelatihan di Kampus BP3 jayapura. Tidak sampai disini saja,  ke depannya BP3 Jayapura berharap dapat mendidik dan melatih lebih banyak lagi siswa-siswi maupun masyarakat yang ada di Provinsi Papua hingga menjadi bagian dari mencedraskan kehidupan bangsa. 

(BP3 Jayapura)