Penutupan DPM Type Revitalisasi SMK 2019 di STPI Curug

Penutupan DPM Type Revitalisasi SMK 2019 di STPI Curug

DPMKEMENHUB.ID -  Bertempat di Hanggar 01 Teknik Pesawat Udara Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug pada 6 September 2019, Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat mewakili Ketua Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia menutup Diklat Pemberdayaan Masyarakat Type Revitalisasi SMK Tahun 2019.

Sebanyak 100 orang siswa dari 9 SMK Penerbangan di berbagai wilayah di Indonesia mengikuti empat jenis pelatihan. Yaitu, 25 orang mengikuti Pelatihan Sheet Metal Repair, 25 orang mengikuti Aircraft Electrical Fundamental, dan 50 orang mengikuti Pelatihan Aircraft Painting.

Pelatihan diberikan selama 40 jam dari tanggal 2 hingga 6 September 2019 dalam rangka melaksanakan amanat Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dalam Rangka Menaikkan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia.

Pelatihan dilaksanakan lebih banyak bersifat praktikum di mana peserta langsung bersentuhan dengan peralatan dan bahan-bahan yang digunakan di industri nantinya.

Dalam sambutannya Ketua STPI Curug berkomitmen untuk membantu meningkatkan kompetensi baik siswa maupun guru SMK Penerbangan di seluruh Indonesia.

Lebih dari 2.000 siswa SMK Penerbangan telah merasakan manfaat dari Diklat Pemberdayaan Masyarakat STPI Curug ini. Hal ini merupakan bentuk komitmen nyata kerja sama antara STPI Curug dengan Forum Komunikasi SMK Penerbangan Indonesia (FKSMKPI).

Pelatihan yang dilaksanakan oleh STPI ini dirasakan sangat bermanfaat menambah kompetensi siswa SMK Penerbangan. Terlebih pelatihan ini bersertifikat dan dikeluarkan oleh STPI Curug yang telah dikenal di industri penerbangan Indonesia. Demikian disampaikan salah satu peserta pelatihan Aircraft Painting dari SMKN 4 Depok.

Lebih lanjut, Sekjen FKSMKPI Fanny Desiyanto mengucapkan terima kasih kepada STPI Curug, Pusbang SDM Perhubungan Udara, dan BPSDM Perhubungan yang telah berkontribusi dalam peningkatan SDM SMK Penerbangan.

Ia berharap kerja sama ini tidak berhenti pada pelaksanaan DPM saja. Melainkan, dapat juga dilaksanakan kerja sama jangka panjang lainnya dengan Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan mutu SMK Penerbangan di Indonesia.

STPI Curug