Penutupan DPM STPI Tipe Revitalisasi SMK di Kota Serang

Penutupan DPM STPI Tipe Revitalisasi SMK di Kota Serang

DPMKEMENHUB.ID – Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug menutup pelaksanaan kegiatan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Tipe Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Serang.

Penutupan dipimpin oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan I.G.A Ayu Mas Oka, S.E., S.SiT., M.T., mewakili Ketua STPI Capt. Novyanto Widadi, S.AP, MM, Kamis (31/10/2019).

DPM diikuti oleh 116 peserta yang berasal dari siswa kelas XII SMK di Kota Serang dan Cilegon. Pelatihan dilaksanakan di SMK Informatika, Kota Serang, sejak Sabtu (26/10).

Materi DPM yang diberikan adalah “Computer Networking CCNA Routing & Switching: Introduction to Networks”.

Dalam sambutannya Kepala Bagian Administrasi Akademik Dan Ketarunaan menyampaikan harapannya, agar setelah lulus para peserta yang mendapatkan sertifikat ini memiliki keterampilan/keahlian yang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan maupun berusaha mandiri.

Dijelaskan oleh Ayu Mas Oka, diklat ini merupakan pemberian pengetahuan mengenai beberapa materi jaringan dalam skala jaringan small to medium.

“Setelah lulus, peserta akan memahami bagaimana konsep kerja network dan bagaimana implementasi fungsi jaringan pada suatu perusahaan. Pelatihan ini memberikan gambaran realistis keadaan jaringan di lapangan. Dan semua perintah konfigurasi diperkenalkan melalui contoh dan didukung dengan latihan laboratorium,” papar Ayu Mas Oka.

Sementara itu Ketua STPI dalam  pertemuan antara Kepala Sekolah SMK Penerbangan seluruh Indonesia yang tergabung dalam Forum Komunikasi SMK Penerbangan Indonesia (FKSMKPI) dengan Direktur Pembinaan SMK Kemendikbud, dan Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara di Gading Serpong, Tangerang, Rabu (30/10) menyatakan, selama ini STPI sudah bekerja sama dengan FKSMKPI dan telah memberikan pelatihan kepada siswa dan guru SMK lebih dari 2.500 orang sejak 2018-2019.

Lebih jauh, Ketua STPI memberikan beberapa kemungkinan kerja sama dalam Program Revitalisasi SMK melalui tiga mekanisme:

1.            Program Mandiri Kelas Khusus bagi lulusan SMK Penerbangan untuk mendapatkan General Licence A1, A2, A3 maupun A4 dengan mengakui RPL atas pembelajaran bagi siswa SMK Penerbangan. Kegiatan melibatkan regulator AMTO 147 dalam hal ini adalah Direktorat KPPU.

2.            Program Sekolah Asuh melalui mekanisme Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat bagi Dosen-dosen STPI di bawah Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STPI Curug

3.            Peningkatan kualitas Guru maupun siswa SMK melalui pelatihan-pelatihan kompetensi teknis, baik berlisensi maupun tidak melalui mekanisme BLU maupun DPM.

 

-Admin-