Penutupan DPM PKTJ Tegal Diklat Pengemudi dan Kendaraan Bermotor

Penutupan DPM PKTJ Tegal Diklat Pengemudi dan Kendaraan Bermotor

DPMKEMENHUB.ID - Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) berdasarkan instruksi Presiden No. 9 tahun 2006 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia.

Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal telah menyelenggarakan DPM berupa Diklat Pengemudi Angkatan 35, 36, dan 37, Diklat Teknisi AC Kendaraan Bermotor Angkatan 18 dan 19, Diklat Mekanik Dasar Angkatan 20 & 21, serta Diklat Spooring dan Balancing Angkatan 14 & 15. 

Untuk Diklat Pengemudi peserta mendapatkan materi tentang teori dasar mengemudi, safety drivingdefense driving, serta praktik mengemudi. 

Untuk Diklat Teknisi AC peserta diklat mendapatkan materi tentang pemeliharaan komponen AC, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Perbaikan Ringan Rangkaian Sistem Kelistrikan, serta Pemeliharaan dan Perbaikan sistem AC. 

Sedangkan untuk Diklat Mekanik Dasar Peserta mendapatkan materi dasar K3, dasar mesin otomatis, sistem bahan bakar, kelistrikan mesin serta Tune Up mesin bensin konvensional. 

Kemudian untuk Diklat Spooring dan Balancing, peserta diklat mendapatkan materi tentang sistem suspensi, sistem kemudi, dan roda serta praktik spooring dan balancing. 

Direktur PKTJ Tegal Syafek Jamhari saat menutup diklat ini di Lapangan Utama Garuda PKTJ Tegal, Jumat (2/11/2018) mengatakan dirinya sangat berharap DPM ini membawa hasil positif bagi peserta.

"Setelah mengikuti diklat ini, masyarakat Tegal dan sekitarnya mendapatkan keterampilan yang memadai. Sehingga, diharapkan lulusan dapat memanfaatkan ilmunya untuk bekerja pada sektor industri maupun jasa yang berkembang pesat," ujarnya.