Penutupan DPM Angkatan XI Tahun 2019, Kerja Sama STIP dan BAKAMLA

Penutupan DPM Angkatan XI Tahun 2019, Kerja Sama STIP dan BAKAMLA

Banyuwangi, 28 Juli 2019.

Tri Rah Astuti, SE, selaku Kepala seksi BAKAMLA, Menutup secara resmi kegiatan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) angkatan XI tahun 2019 yang di laksanakan di kabupaten Banyuwangi mulai tanggal 24 s.d. 28 Juni 2019.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta dengan Badan Keamanan Laut (BAKAMLA), dan diikuti oleh 160 peserta yang merupakan nelayan di sekitar pantai Muncar Banyuwangi.

Dalam sambutan penutupannya beliau menyampaikan, "kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara sinergi antara STIP dan Bakamla, dari sinergi ini diharapkan akan semakin cepat tercapai target pemberdayaan masyarakat seperti yang telah diperintahkan oleh Presiden RI.

Lokasi Muncar Banyuwangi ini dipilih karena jumlah nelayannya cukup banyak dari data dinas perikanan mencapai 25.000 nelayan aktif yang ada di Muncar Banyuwangi ini dan belum bersertifikasi secara baik.

STIP sebagai salah satu lembaga pendidikan pelayaran memiliki banyak Dosen dan Instruktur yang sangat ahli dalam melatih dan membina para pelaut khususnya para nelayan terutama tentang keterampilan dan kecakapan dalam melaut baik mengenai keselamatan maupun keamanan saat berlayar, untuk itulah maka Bakamla menggandeng STIP untuk datang ke Banyuwangi ini.

Dikesempatan yang sama Bupati Banyuwangi dalam sambutannya yang di sampaikan oleh Ir. Hari Cahyo Purnomo, M.Si selaku Kepala Dinas Perikanan menyampaikan dan tentunya jumlah pesertanya dapat lebih ditingkatkan agar semakin banyak  nelayan yang bisa menjadi peserta.

Selain perwakilan pejabat dari STIP dan Bakamla acara penutupan ini juga di hadiri oleh KSOP Tanjung Wangi, Letkol Marinir Agus Winartono serta para Muspika wilayah kecamatan Muncar Banyuwangi.

(STIP Jakarta)