Keren, Gaya Menhub Budi Karya Sumadi Kunjungi STPI Curug

Keren, Gaya Menhub Budi Karya Sumadi Kunjungi STPI Curug

DPMKEMENHUB.ID - Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi pada Minggu pagi, 18 November 2018, kembali mengunjungi Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug. 

Pak Menteri terbilang cukup sering mengunjungi sekolah penerbangan sipil tertua dan terbesar di Asia Tenggara ini. Tercatat lebih delapan kali Pak Menteri telah mengunjungi STPI dalam dua tahun terakhir.

Sejak dipimpin oleh Capt. Novyanto Widadi, S.AP, MM mulai November 2016, banyak kegiatan dilaksanakan oleh STPI dan tersampaikan kepada publik dengan baik. 

Terakhir sebelum kegiatan Menhub dilaksanakan di STPI, kampus penerbangan milik negara ini juga baru menyelenggarakan "Workshop Photography dan Jurnalistik" bagi insan-insan Humas dari seluruh Unit Pelaksana Teknis di bawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan.

Ketua STPI menyatakan, pelatihan fotografi dan jurnalistik sangat menunjang bagi terciptanya penyampaian informasi yang benar dan menarik kepada publik. Oleh karenanya pula, insan kehumasan dituntut kreatif menciptakan pemberitaan-pemberitaan yang menarik.

Kembali ke kegiatan Menhub di STPI, ini juga ada yang menarik. Pak Menhub datang mengenakan coverallalias pakaian penerbang jenis one piece. Bukan yang pertama kali Menhub Budi datang ke STPI mengenakan pakaian seperti ini karena sebelumnya juga datang mengenakan pakaian serupa.

Sebagai pucuk pimpinan tertinggi di Kementerian Perhubungan yang termasuk di dalamnya mengatur regulasi penerbangan, Menhub Budi Karya tampak serasi dan gagah dengan pakaian tersebut plus dengan topi dan kacamata hitamnya.

Menhub yang dalam kunjungannya ke STPI disertai para pejabat Kemenhub seperti Sekjen Kemenhub, Irjen Kemenhub, Kepala BPSDMP, Sekretaris BPSDMP dan lainnya itu didampingi Ketua STPI dengan pakaian sejenis.

Menhub kemudian menghampiri para penerbang lulusan STPI yang telah mendapatkan bantuan diklat gratis ATPL Ground/Simulator A320/B737NG dari Kementerian Perhubungan. Salah satu penerbang lulusan STPI yang diwawancarai Menhub menyatakan, ia optimistis menghadapi masa depan setelah mendapat tambahan pembekalan kompetensi tersebut.

Dari situ Menhub kemudian menuju Gedung Serba Guna (GSG) STPI di mana di sana telah menunggu ratusan lulusan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) hasil penyelenggaraan STPI dan Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang. 

Suasana semarak, santai, dan penuh gembira tercipta dalam acara penyampaian visi misi Kementerian Perhubungan, pelaksanaan DPM, dan pencapaian program kerja pemerintahan dalam empat tahun terakhir.

Kebahagiaan juga dirasakan oleh para lulusan dan Taruna-taruni STPI, terlebih mereka yang berkesempatan naik ke podium dan mendapatkan hadiah dari Menhub berupa telepon selular dan helm. 

Menhub mengatakan, DPM dilaksanakan sebagai bentuk kehadiran negara di tengah-tengah masyarakat dan memberikan diklat yang berguna bagi masyarakat untuk mencari pekerjaan maupun melakukan wira usaha secara mandiri.

"Untuk tahun ini kami menyekolahkan lebih dari seratus ribu peserta diklat ini. Tidak hanya memberikan keterampilan kepada mereka, tetapi kami tanamkan nilai-nilai kebangsaan dalam suasana yang bersahabat" ujar Menhub Budi Karya Sumadi. (ron)