DPM STIP 2019, Mengapai Pulau Terdepan dan Terluar

DPM STIP 2019, Mengapai Pulau Terdepan dan Terluar

DPMKEMENHUB.ID - Indonesia merupakan negara kepulauan dengan bentangan pulau lebih dari 17.000 pulau, dari ujung timur hingga ujung barat. Luasnya wilayah ini membutuhkan sarana transportasi yang harus didukung pula dengan kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang cakap dan andal. 

Banyaknya pulau di Indonesia membutuhkan alat transportasi yang memadai dan menjamin keselamatan dalam menjalankanya. Juga dibutuhkan suatu keterampilan dalam penanganan darurat jika terjadi kecelakaan atau musibah yang tidak diinginkan. Hampir seluruh pulau dihuni oleh masyarakat yang menggantungkan hidupnya sebagai nelayan atau mencari nafkah dengan melaut. 

BPSDM melalui STIP mengirimkan tim Diklat Permberdayaan Masyarakat (DPM) untuk terjun dan secara gencar melaksanakan kegiatan DPM di pulau atau wilayah terdepan dan terluar dari wilayah Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga. Salah satu daerah itu adalah wilayah Selat Panjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau

Bekerja sama dengan KSOP Selat Panjang dan Dinas Perhubungan Kab. Kepulauan Meranti, STIP menghadirkan tim DPM untuk melaksankan kegiatan edukasi dan berbagi informasi tata cara tindak keselamatan di atas kapal.

Acara pembukaan DPM Angkatan IX Tahun 2019 di Kab. Kepulauan Meranti diikuti oleh sekitar 700 peserta. Kegiatan dibuka oleh H. Rosdaner, S.Pd, selaku Asisten III Bupati Kepulauan Meranti didampingi oleh para pejabat dan perwakilan Muspida setempat pada Rabu, 24 April 2019.

Dalam sambutannya ia menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar besarnya kepada seluruh panitia yang telah bersusah payah dan semangat yang sangat luar biasa. Khususnya tim DPM dari STIP yang tetap semangat tak kenal lelah dan telah menempuh ratusan kilometer untuk mencapai wilayah Kabupaten Kepualauan Meranti ini.

"Kabupaten ini adalah salah satu wilayah terdepan dan terluar dari wilayah NKRI yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Semoga kehadiran saudara-saudara kami dari STIP ini dapat menambah pengetahuan dan keterampilan para masyarakat nelayan Kab. Kepulauan Meranti. Kepada seluruh peserta saya pribadi berpesan gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, karena program ini merupakan sebuah anugerah buat bapak sekalian khususnya para nelayan yang mengantungkan hidupnya dari melaut," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Pande Irianto Siregar, MM selaku pimpinan tim DPM Selat Panjang menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan luar biasa dan antusias yang sangat tinggi atas kegiatan Program DPM in. "Semoga kehadiran STIP dapat memberikan manfaat yang baik buat seluruh peserta dan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan kita semua," pungkasnya.

(STIP)