Diklat Pemberdayaan Masyarakat STTD di Provinsi NTT Resmi Dibuka

Diklat Pemberdayaan Masyarakat STTD di Provinsi NTT Resmi Dibuka

DPMKEMENHUB.ID - Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia  Perhubungan, Suhartoresmi membuka Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) di Gedung Flobamora Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Rabu, 20 Februari 2019. Acara ini dihadiri oleh Kadis Prov. NTT, Kepala BPSDMD Prov. NTT, Kakorlantas Kupang, Ketua Komisi V DPR-RI serta Kepsek SMKN 2 Kupang.

Suhartodalam sambutannya mewakili Kepala BPSDM Perhubungan menyampaikan bahwa Kementerian Perhubungan saat ini sedang melaksanakan pembangunan infrastruktur dalam rangka meningkatkan konektivitas antar daerah di Indonesia dengan tujuan dapat meningkatkan perekonomian dan mengurangikesenjangan antar daerah.

Berkenaan dengan pengembangan sumber daya manusia di bidang perhubunganKementerian Perhubungan melalui sekolah-sekolahnya yang tersebar di seluruh Indonesia telah mempersiapkan sumber daya manusia di bidang transportasi yang andal, terampil serta berdaya saing,” ucap Suharto.

Selain itu Kementerian Perhubungan juga membuka peran serta masyarakat dalam peningkatan sumber daya manusia di bidang transportasi. Salah satu bentuk pengikutsertaanmasyarakat tersebut antara lain adalahKementerian Perhubungan secara konsisten melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat baik di bidang transportasi darat, laut dan udara.

Perlu kami informasikan bahwa pada tahun 2019 ini, Kementerian Perhubungan melalui BPSDM Perhubungan mendapat mandat untuk memberikan diklat kepada 165.000 masyarakat di seluruh Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke,” lanjutnya.

Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) melaksanakan DPM di Kupanselama tiga hari pada 20-22 Februari 2019. Jumlah peserta sebanyak 300 orang yang terbagi dalam 7 jenis diklat, antara lain Orientasi LLAJ, Keselamatan Lalu Lintas, Pengemudi Profesional Angkutan Umum, Perparkiran, Pembuatan Rambu dan Marka, Pemeriksaan Emisi Gas Buang dan Pemeliharaan Sepeda Motoryang totalnya berjumlah 12 angkatan.

Di akhir sambutanSekretaris BPSDM Perhubungan menyampaikan bahwa BPSDM Perhubungan akan senantiasa terus hadir di tengah masyarakat untuk membangun dan mencetak sumber daya manusia di bidang perhubungan yang andal, terampil, dan berdaya saing.

Hal ini selaras dengan salah satu tugas BPSDM selaku lembaga di bawah  Kementerian Perhubungan, yaitu mendukung pembangunan infrastruktur  dan sumber daya manusia secara berkelanjutan dengan melibatkan masyarakat.

(STTD)