Diikuti 100 Peserta, BP3 Jayapura Selenggarakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat

Diikuti 100 Peserta, BP3 Jayapura Selenggarakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat

DPMKEMENHUB.ID - Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (BP3) Jayapura menyelenggarakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) di Kabupaten Sentani, Jayapura, Papua. Diklat yang diikuti 100 orang peserta ini dilaksanakan dari tanggal 27 Agustus hingga 7 September 2018. 

Program diklat yang dilaksanakan meliputi Pemadam Kebakaran dan Pengenalan ALat Pemadaman Api Ringan Angkatan V dan Angkatan VI, Security Awareness Angkatan V, dan K3 & P3K Angkatan II dan IV. 

Pada pelaksanaannya seluruh peserta diberikan bekal dasar pengenalan materi terlebih dahulu. Misalnya tentang Pemadam Kebakaran bagaimana melakukan langkah awal menghadapi situasi agar tidak panik dan kemudian mampu menggunakan alat pemadam kebakaran dengan baik.

Pada tahun 2018, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) mendapat mandat untuk menyelenggarakan Diklat Pemberdayaan masyarakat(DPM). DPM merupakan diklat gratis bagi masyarakat. 

Diklat ini diperuntukkan bagi masyarakat yang kurang mampu yang berada di kawasan 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) untuk mendapatkan pendidikan yang layak. DPM diberikan kepada 100.000 masyarakat di seluruh Indonesia tanpa dipungut biaya.

Seluruh peserta DPM sangat antusias mengikuti diklat ini. Pasalnya, melalui kegiatan DPM peserta memiliki pengetahuan baru di bidang Security Awareness dan mampu melaksanakan pemeriksaan terhadap adanya barang berbahaya di area tertentu.

Para peserta mampu menggunakan alat pemadam api ringan untuk meminimalisir dampak kebakaran. Pada materi K3 & P3K tentang keselamatan, kesehatan, kerja, peserta mendapat pengetahuan dalam melaksanakan berbagi pekerjaan dengan mengutamakan keselamatan dan kesehatan. 

Diklat ini resmi ditutup oleh Kepala Seksi Saran dan Prasarana Diklat, Akilla Makanuay,S.IP. Dalam sambutannya, ia berpesan agar seluruh ilmu pengetahuan yang telah di berikan dapat berguna bagi seluruh peserta diklat terkhusus menjadi bekal untuk mendapakan pekerjaan. 

DPM BP3 Jayapura secara terus menerus dilaksanaka secara bergilir dan bertahap hingga amanah yang diberikan kepada BP3 Jayapura mampu terselesaikan hingga akhir tahun 2018 ini. Besar harapan BP3 Jayapura mampu mencetak sumber daya manusia yang berkompetensi dan mampu bersaing melalui Diklat Pemberdayaan Masyarakat ini.