Bertambah Lagi Lulusan DPM STPI 2018, Kali ini Sebanyak 382 Waga Berasal dari Serang Banten

Bertambah Lagi Lulusan DPM STPI 2018, Kali ini Sebanyak 382 Waga Berasal dari Serang Banten

DPM KEMENHUB - Sebanyak 382 orang warga masyarakat Serang, Banten kini memiliki keterampilan baru usai menjalani Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) gratis yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug. Kegiatan yang dilaksanakan pada 10-19 Oktober 2018 ini diikuti 210 warga Kabupaten Serang dan 170 warga Kota Serang.

Penutupan DPM STPI 2018 Kabupaten/Kota Serang dilaksanakan di Lapangan Perwira Angkasa Kampus STPI Curug, Banten dipimpin oleh Widyaiswara Kementerian Perhubungan yang juga mantan Dirjen Perhubungan Udara Dr. Ir. Agus Santoso, M.Sc mewakili Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Ir. Umiyatun Hayati Triastuti, M.Sc, Sabtu (20/10/2018).

Dalam laporan kegiatannya, Ketua STPI Capt. Novyanto Widadi, S.AP, MM menyatakan, DPM STPI Kabupaten/Kota Serang Banten kali ini menyelenggarakan jenis pelatihan Teknik Las Listrik Lingkungan Bandara, pelatihan Teknik Instalasi Listrik Lingkungan Bandara, dan pelatihan Teknik Perawatan AC Lingkungan Bandara.

"Untuk Kabupaten Serang, Baten sebanyak 150 orang mengikuti pelatihan teknik las listrik bandara dan 60 orang mengikuti teknik instalasi listrik lingkungan bandara. Untuk Kota Serang, Banten sebanyak 100 orang mengikuti pelatihan teknik las listrik lingkungan bandara, 50 orang mengikuti teknik instalasi listrik lingan bandara, dan 22 orang mengikuti pelatihan teknik perawatan AC lingkungan bandara," ujar Ketua STPI.

Pelatihan, lanjut Novyanto, dilaksanakan masing-masing selama sembilan hari kerja dimulai tanggal 10 Oktober dan berakhir pada 19 Oktober 2018. Tempat pelaksanaan DPM di Desa Sangiang, Kecamatan Mancak dan Kelurahan umbul Tengah Kecamatan Taktakan.

Tenaga pengadar DPM STPI 2018 berasal dari Dosen/Instruktur STPI Curug, Bandara Budiarto Curug, Ikatan Alumni Curug, Korem Mancak, Korem Taktakan, Polres Mancak, Polsek Taktakan serta sejumlah praktisi.

DPM STPI 2018

Sementara itu, Kepala BPSDMP dalam sambutannya yang dibacakan Agus Santoso menyatakan, kegiatan DPM Kementerian Perhubungan melalui BPSDM Perhubungan sebagai bentuk perwujudan kehadiran negara di masyarakat.

"Selain dalam bentuk pembangunan infrakstruktur, pemerintah menghadirkan Pendidikan dan Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat (DPM) yang merupakan salah satu Program Strategis Nasional (PSN)," ujarnya.

Dijelaskan, Kementerian Perhubungan RI pada 2018 ini mendapatkan penugasan DPM untuk 100.000 orang. Terbagi dalam 19.900 orang untuk Matra Darat, 60.010 orang untuk Matra Laut, dan 20.000 untuk Matra Udara.

BPSDMP hingga September 2018 telah berhasil mendidik masyarakat dalam bentuk penyelenggaraan DPM sebanyak 62.071 orang untuk tiga matra yang tersebar di seluruh Indonesia.

DPM STPI 2018

STPI Curug yang berada di wilayah Banten, telah menyelenggarakan diklat bagi 3.292 orang dari target sebanyak 4.050 orang. Hari ini STPI Curug telah menyelesaikan tambahan pelaksanaan DPM sebanyak 382 orang.

"Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Serang dan Kota Serang, kami ucapkan terima kasih atas kerjasamanya selama pelaksanaan DPM ini. Ke depan kami berharap dapat bekerja sama dan bersinergi dalam pelaksanaan pelatihan ini sehingga dapat lebih ditingkatkan lagi terutama dalam hal pemantauan outcomedari pelaksanaan DPM ini," tulis Kepala BPSDMP.

Kepada seluruh peserta DPM STPI, Kepala BPSDMP juga menyampaikan ucapan selamat dan berharap agar pelatihan yang telah diikuti ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya.

"Semoga pelatihan yang telah diikuti ini dapat mengantarkan saudara untuk memiliki akses mendapatkan pekerjaan seperti yang diharapkan, atau memulai usaha mandiri sehingga berdampak pada peningkatan kualitas hidup saudara," pungkasnya.