Akhir Tahun dan Antusiasme DPM PIP Makassar

Akhir Tahun dan Antusiasme DPM PIP Makassar

DPMKEMENHUB.ID - Menjelang akhir tahun 2018, peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) makin antusias mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar, Sulawesi Selatan. 

Senin, 12 November 2018, PIP Makassar kembali membuka DPM dengan materi BST - KLM (Basic Safety Training - Kapal Layar Motor), CMT, CMBHT, dan SKK 60 sejumlah 499 orang.

Diklat BST KLM dan SKK 60 diikuti 200 peserta yang berasal dari Kabupaten Bone serta 150 orang asal Kabupaten Pangkep. Sementara Diklat BST KLM, CMT KLM, CMHBT KLM, dan SKK 60 diikuti 49 peserta asal Kabupaten Pangkep dan 100 orang asal Labuan Bajo  

Setiap periode diklat BST - KLM akan dilaksanakan selama tujuh hari. Peserta yang pada umumnya berprofesi sebagai nelayan dan operator perahu penyeberangan di daerah masing-masing, akan mendapatkan ilmu tentang dasar-dasar keselamatan di laut, Navigasi, dan Pengetahuan Permesinan Kapal.

Ditemui di sela-sela pembukaan, Kepala Bagian Administrasi Akademik, P.Marcello L. M.Pd., M.Mar.E mengungkapkan bahwa sedianya pada hari ini DPM akan diikuti oleh 1.150 orang peserta. Namun, karena keterbatasan angkutan dari daerah masing-masing sehingga kedatangan selanjutnya secara bergelombang. 

Hal itu juga dikonfirmasi oleh Kepala Divisi Pengembangan Usaha (DPU) Capt. Oktavera S. MT. M.Mar yang telah menargetkan untuk mendatangkan peserta sebanyak 1.150 orang.

Rinciannya adalah: Bone, Sulsel (200 orang), Pangkep, Sulsel (200 orang), NTB (150 orang), Pesisir Selatan, Sumbar (100 orang), Labuan Bajo (100 orang), Boven  Digul (100 orang), Tulehu, Ambon (100 Orang), Bade (20 Orang), Palu (100 Orang), dan Keppi (80 Orang).

Selama Oktober hingga akhir November 2018, ditargetkan PIP Makassar dapat menuntaskan diklat bagi 4.229 orang nelayan dan kru kapal motor serta masyarakat umum.