330 Masyarakat Gunung Kencana Lebak Ikuti Diklat Keterampilan Gratis dari STPI Curug

330 Masyarakat Gunung Kencana Lebak Ikuti Diklat Keterampilan Gratis dari STPI Curug

DPMKEMENHUB.ID - Sebanyak 330 warga masyarakat Kecamatan Gunung Kencana, Kabupaten Lebak, Banten mengikuti pendidikan keterampilan gratis dari Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug. 

Diklat dibuka oleh Wakil Ketua III Bidang Ketarunaan STPI Curug RB Budi Kartika pada Kamis (24/1/2019). 

Acara turut dihadiri oleh Assisten Daerah I Bidang Pemerintahan Kab Lebak, Kadisnakertrans Kab. Lebak, Kadishub Kab Lebak, Camat Gunung Kencana, Danramil Gunung Kencana, Kapolsek Gunung Kencana, Kades2 di Kec. Gunung Kencana.

Kegiatan merupakan rangkaian dari pelaksanaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan Republik Indonesia di seluruh Indonesia.

Dipilihnya Lebak oleh STPI, karena wilayah ini mempunyai keterbatasan akses terhadap lapangan pekerjaan akibat minimnya keterampilan/keahlian masyarakat setempat. 

Dengan dilaksanakannya diklat ini diharapkan tumbuh kemandirian di kalangan masyarakat setempat setelah mendapatkan pengetahuan dan pelatihan keterampilan.

Tujuan lainnya adalah memberikan pengetahuan akan pentingnya kesadaran turut menjaga fasilitas dan objek vital pemerintah di lingkungan bandara.

Jenis diklat yang dilaksanakan oleh STPI di Lebak kali ini meliputi tiga macam. Kelompok pertama Pelatihan Teknik Las Listrik Lingkungan Bandara yang diikuti oleh 230 peserta.

Kelompok kedua Pelatihan Teknik Instalasi Listrik Lingkungan Bandara yang diikuti 90 peserta. Dan kelompok ketiga adalah Pelatihan Teknik Perawatan AC Lingkungan Bandara sebanyak 60 orang.

Diklat dilaksanakan selama delapan hari mulai 24 Januari hingga 1 Februari 2019.

Selain materi praktik, dalam diklat ini juga diberikan materi-materi pelajaran seperti Bela Negara dan Wawasan Nusantara, Keselamatan Penerbangan dan kebandarudaraan, dan Kewirausahaan.

Tenaga pengajar berasal dari STPI, alumni STPI, Koramil Gunung Kencana, dan Praktisi.