165 Warga Kota Tanjungpinang Kepulauan Riau Ikuti DPM BPPTD Palembang

165 Warga Kota Tanjungpinang Kepulauan Riau Ikuti DPM BPPTD Palembang

DPMKEMENHUB.ID - Sebanyak 165 orang warga masyarakat Kepulauan Riau kini memiliki keterampilan baru usai menjalani Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) gratis yang diselenggarakan oleh Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BPPTD) Palembang.

Kegiatan dilaksanakan pada 22 hingga 26 Oktober 2018 di Hotel Pelangi, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

DPM BPPTD Palembang Tahun 2018 dibuka oleh Chairul Insani Ilham, ATd, MM mewakili Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat Palembang Ir. Edi Santosa, MM, MT, Senin (22/10/2018).

Acara dihadiri oleh Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Riau dan Dinas Perhubungan Kota Tanjung Pinang.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan Kota Tanjungpinang menyambut baik kegiatan DPM di Kota Tanjungpinang, karena sesuai dengan karakteristik wilayah yang merupakan Daerah Kepulauan dan sangat diperlukan dalam dunia transportasi di Kepulauan Riau.

Seluruh 165 peserta DPM kali ini mengikuti Diklat Pengemudi Angkutan Perairan Daratan. Setelah selesai diklat nantinya diharapkan para lulusan memahami tentang peraturan dan materi di bidang Perairan Daratan sehingga dapat diaplikasikan dalam mengemudikan angkutan perairan daratan yang aman, nyaman, dan selamat.

Tenaga pengadar DPM BPPTD Palembang 2018 berasal dari Dosen/Instruktur BPPTD Palembang yang memiliki kompetensi di bidang Kepelautan dan LLASDP serta pengetahuan dan pengalaman di dalam dunia Pelayaran.

Adapun materi diklat di antaranya peraturan pelayaran, karakteristik kapal perairan daratan, etika dan kode etik profesi, pemeliharaan dan perbaikan kapal ASD, keselamatan pelayaran, teknik pemuatan kapal, perambuan, dan SBNP.

Para peserta DPM ini tidak hanya dibekali materi pelatihan, namun juga dibekali praktik dalam mengemudi angkutan perairan daratan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di bidang pelayaran.